Kamis, 25 Oktober 2012

The English Patient (1996)

 
Director: Anthony Minghella
Cast: Juliette Binoche, Ralph Fiennes, Kristin Scott Thomas, Willem Dafoe
Rate: 4/5
 
 
FYI saja, saya harus empat kali nonton untuk menuntaskan film ini, dan kegagalan sebanyak tiga kali itu dikarenakan saya selalu ketiduran. Saya rasa tidak ada masalah dengan filmnya, mungkin saya yang terlalu lelah menyaksikan film panjang satu ini. Apa ini berarti filmnya cenderung membosankan? Dengan bangga saya mengatakan tidak. Film ini jauh dari kesan itu, bahkan The English Patient banyak berisi drama yang berbobot di luar durasi yang ekstra panjang tadi. Banyak poin positif yang bisa diambil dari film ini. Kendati si film maker-nya sudah tiada, namun The English Patient akan menjadi salah satu karya monumentalnya yang tak akan mati dimakan jaman. Apalagi untuk para komunitas penonton yang menjunjung tinggi nilai kualitas di suatu film.
 
Film bermula dari kemunculan Count Almasy, seorang map maker yang terjebak di gurun pasir Sahara. Mengambil latar belakang perang dunia kedua, perjalanan gersang Almasy harus bentrok dengan unsur cinta, pengkhianatan, hingga kerja keras tanpa ujung. Di perjalanan tugasnya, ia dipertemukan dengan seorang wanita bersuami. Melodramatik yang terjalin di antara mereka memang melalui arus yang simpang siur. Nyatanya, bagian pembuatan peta tadi adalah ingatan singkat seorang Almasy yang harus terbaring lemah di atas ranjang pesakitan. Dia diurus oleh seorang suster budiman yang mencurahkan segenap tenaga feminisnya untuk menyelamatkan hidup Almasy. Di tengah persinggahan dan juga dalam keadaan suasana perang yang mencekam, mereka kedatangan tamu (tak) asing, David Caravaggio yang lambat laun mengupas segala perjalanan panjang hidup Almasy.
 
Kemenangan 9 piala Oscar termasuk sebagai film terbaik untuk film ini memang sangat beralasan. Filmnya memang amat sangat menggugah. Skrip olahan tangan Minghella sendiri yang merupakan saduran dari novel berjudul sama, membuat film ini kokoh dari segi penggarapan. Minghella menerjemahkan sastra tadi dengan begitu syahdu. Tidak ada segi cerita yang kedodoran. Ditampung dengan tangkapan kamera yang sedap dipandang. Pelataran pasir Sahara terlihat begitu oranye dan indah, jadi sangat wajar jika teritori sinematografi juga memenangkan piala Oscar. Musik gubahan Gabriel Yared juga terdengar amat syahdu. Melengkapi adegan demi adegan baik dalam keadaan mengenaskan maupun yang bahagia.
 
Keunggulan lainnya adalah Minghella disokong oleh aktor-aktor yang bermain dengan sangat apik. Terutama Fiennes dan Binoche selaku pemeran utama film ini. Binoche sanggup membawa tokoh sentral menjadi pusat perhatian di luar keayuan rupa yang dimilikinya. Bertransformasi sebagai wanita di tengah hiruk-pikuk perang dunia, Binoche tak lantas menjadi sosok yang lempem dan lemah. Keperkasaannya diperlihatkannya lewat air muka yang pas dengan situasi adegan. Fiennes apalagi, berakting di gurun bukanlah hal mudah. Dan bersama Thomas, ia bersikeras menunjukkan kekompakan akting yang memukau. Raut korban pengkhianatan yang dideranya memang terasa pedih untuk dilihat.
 
Sepanjang sepengetahuan saya, Minghella baru menelurkan sedikit film. Bahkan masih bisa dihitung jari. Tapi, hampir keseluruhan dilabeli film bermutu, mulai dari Truly, Madly, Deeply, The Talented Mr. Ripley, Cold Mountain, hingga karya terakhirnya, Breaking and Entering. Dan baru tiga saja film beliau yang saya konsumsi. Dan dari tiga itu pula saya berani menjabarkan maksud yang kesan yang terkandung di film-film beliau. Menitikberatkan suatu kisah cinta yang dilatar belakangi dengan unsur dramatikal yang kental. Memosisikan peran utama di kondisi yang pelik tapi tetap berusaha mati-matian. Tak heran jika karyanya sangat humanis sekali. The English Patient sampel mutlak bagaimana suatu hidup akan terasa bahagia jika kita menjalaninya dengan tanggung jawab sekalipun taruhan atas kepergian orang terkasih sudah di depan mata. Happy watching.
 
by: Aditya Saputra

3 komentar:

  1. Terima kasih min buat informasi filmnya (Y)

    BalasHapus
  2. thanx infonya..
    izin cuplik sedikit buat chanel Youtube saya ya. thx..

    BalasHapus
  3. thanx infonya..
    izin cuplik sedikit buat chanel Youtube saya ya. thx..

    BalasHapus