Sabtu, 09 April 2011

Easy A (2010)


Director : Will Gluck
Cast : Emma Stone, Penn Badgley, Amanda Bynes, Thomas Haden Chruch
Rate : 3,5/5


Easy A, jelas bukan jenis film komedi remaja kacangan yang hanya menitikberatkan masalah seks belaka. Bukan juga sebuah pendiktean yang sengaja terang-terangan menunjukkan perilaku benar dan salah di sekolah-sekolahan. Namun Easy A adalah salah satu dari sedikit contoh film bertema remaja liar yang sanggup lepas dari sorotan kevulgaran tok, tapi lebih mengandalkan kecerdasan dalam bertutur cerita. Mean Girls adalah contoh lain bagaimana pendekatan remaja tidak melulu harus konyol dan mengumbar ketelanjangan dada dan paha. Lama setelah itu, barulah muncul Easy A.

Tokoh utama kita adalah Olive, yang berbohong kepada temannya jika dia sudah 'menghilangkan' keperawanannya. Naasnya, hal yang diduga tidak akan tambah ruwet itu malah didengar oleh seorang gadis beriman dan berdampak ke seluruh penjuru sekolah. Olive terkenal, dan dia menikmatinya. Namun lambat laun, ia merasa jika stempel murahan tadi terlalu berisiko untuk kehidupan ke depannya. Dengan segala keterlanjuran yang terjadi, Olive berkesempatan berbenah diri untuk tidak terjerumus lebih dalam.

Menyaksikan tingkah pola Olive di sini sungguh menyenangkan. Sikap slenge-an dan egoisnya cukup mengundang senyum sekaligus merasakan apa yang ia alami. Dialog-dialog yang begitu satir dari sang penulis naskah melengkapi pedoman baik bagi film ini. Tahap penyelesaiannya pun tidak terkesan murahan. Tidak klise, sekaligus kuat. Penggarapan karakter yang dipompa Will Gluck selaku sutradara cukup kompeten. Olive tidak dipusatkan sebagai tokoh yang disenangi penonton, sekaligus membuat para pemirsa wanita sebal dengan ulah konyol dan bitchy-nya.

Emma Stone mencurahkan segala kemampuan beraktingnya dengan sangat baik. Sebagai Olive, ia berhasil mengimplementasikan maksud penulis naskah terhadap karakternya. Dengan santai namun pasti, Olive di tangannya jadi sangat klop. Begitu juga yang disuguhkan Amanda Bynes dan para aktor senior seperti Thomas Haden Churh, Patricia Clarkson, dan Stanley Tucci. Kehadiran mereka sekalipun tidak begitu frontal tapi tetap bisa membantu memberi nafas filmnya sendiri.

Sekali lagi, Easy A berhasil menyemarakkan perfilman dunia dengan tema yang terbilang biasa-biasa saja menjadi sedikit lebih berarti berkat sutradaranya yang mengolah naskah cerdasnya dengan begitu baik. Easy A memang bukan film berstandar Oscar, meskipun demikian Easy A tidak juga kalah dalam memberikan pesan moral akan pentingnya persahabatan dan keperawanan seorang wanita. Menghibur, manis, menggelitik, dan loveable! Happy watching!

by: Aditya Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar