Sabtu, 28 Januari 2012

The Descendants (2011)


Director: Alexander Payne
Cast: George Clooney, Shailene Woodley, Amara Miller, Nick Krause, Beau Bridges
Rate: 4/5


George Clooney termasuk aktor yang beruntung. Hampir keseluruhan filmnya dikritik dengan baik, dan juga termasuk aktor pujaan banyak sineas. Pemakaian jasanya memang dipertanggungjawabkan dengan pembuktian akting yang cemerlang dan seringkali gemilang di award-award nantinya. Mulai dari Syriana yang menganugerahinya Oscar, Michael Clayton, hingga Up in the Air yang tergolong drama ringan. Kepiawaiannya di belakang kamera juga diperlihatkan dengan takjub berkat Good Night, and Good Luck. serta The Ides of March baru-baru ini. Sebagai sineas yang apik, tidak membuat Clooney keteteran dalam membenahi aktingnya, yang sekali lagi ditunjukannya lewat film arahan Alexander Payne yang bertajuk The Descendants. Payne sendiri yang telah bergaung berkat Election-nya yang bernuansa pop serta mendaratkan Sideways dan About Schmidt di landasan nominator Oscar.

Clooney kali ini menjadi seorang suami serta ayah yang berada di posisi tidak mengenakkan. Walaupun jabatannya sebagai pengacara handal dan merupakan pewaris tunggal sebuah lahan berbilang hektar, tapi kenyataannya tidak membuat dia merasa lega. Dampak dari kesibukan yang membuatnya jauh dengan kedua anaknya, dan terasa tertipu oleh perselingkuhan istrinya dan juga harus meluruskan kesenjangan dengan orang tua dan sepupunya yang juga mengharapkan sejengkal warisan lahan tersebut. Mengikuti sepak terjang seorang Matt King di sini sangat menyentil aroma spiritual kita. Melibatkan penonton di pundak Matt, menyusuri satu-satu kebenaran dan menyelesaikan puzzle yang terbongkar sejak sakit parah istrinya. Ya, istrinya mengalami koma yang kemungkinan tidak tertolong lagi.

Gambar film The Descendants adalah salah satu kekuatan utama film ini. Hamparan Hawaii lengkap dengan landscape kota, perhutanan serta pantai indahnya ditangkap dengan sangat menggugah oleh Papamichael yang diiringi lagu lokal yang easy listening. Kelengkapan tadi juga disusul oleh keapikan naskah dari buku berjudul sama karangan Kaui Hart Hemming. Penceritaan seorang suami dan ayah yang di ujung jurang perpecahan suatu keluarga. Kenakalan remaja serta kurang perhatiannya seorang anak ditonjolkan dengan lembut namun menusuk. Bagaimana hasil didikan orang tua memang menuai hasil dari apa yang ditanam. Tembakan-tembakan Payne seputar film ini memang tepat sasaran. Mengambil beberapa sudut pandang masalah yang menguak. Payne tidak serta-merta melempar joke kosong atau dialog garing, melainkan sebuah padanan kata yang membumi dan bersifat keseharian.

Clooney dengan segala kecanggungannya sebagai Matt dinilai sempurna. Gesture yang lebih dari kata bagus serta luapan emosi, bibir yang ketar-ketir, serta gaya bicara dengan orang sekitar, satu kata: sempurna. Terutama untuk adegan akhir yang sangat memorable itu. Tak heran jika voter memilihnya sebagai aktor terbaik di Golden Globes kemarin. Berikut juga Shailene Woodley yang secara mengejutkan mampu mengimbangi Clooney yang jauh lebih senior. Aktor yang sekali lewat munculpun, berkat arahan statis dinamis dari Payne mampu bermain bagus. Uhm, sebenarnya banyak adegan yang kurang penting buat diekspos tapi yang hebatnya malah mempengaruhi perkembangan cerita, seperti dialog sebelum tidur antara Clooney dan Krause. Dan juga petikan singkat dari Bridges yang semakin membuat Clooney terombang-ambing.

The Descendants bukan jenis tontonan yang akan disukai banyak orang. Amanat film ini begitu dekat dengan kehidupan kita. Sulit menggambarkan betapa suramnya hasil dari kesibukan seseorang dan kurang perhatian dengan lingkungan. Di tangan Payne, The Descendants menjadi satu bahan pembelajaran yang sangat berharga. Arahan yang stabil dan dibantu oleh in-frame Clooney yang gemilang, semakin mengukuhkan The Descendants sebagai salah satu drama yang paling berbobot edaran tahun 2011 kemarin. Kurang lebih seperti itu, nikmati aroma nyiur pantai dan sekati tokoh kita dengan seksama. Happy watching!

by: Aditya Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar