Kamis, 11 November 2010

The Notebook (2004)

Director : Nick Cassavetes
Cast : Ryan Gosling, Rachel McAdams, James Garner, Gena Rowlands, Sam Sephard, Joan Allen
Rate : 3,5/5


Saya pernah menyinggung soal ini: film drama romantis agar tidak terasa flat dan hancur oleh keklisean ending harus memiliki sihir lain baik dalam hal penyutradaraan maupun penampilan gemilang dari para aktornya. Sejauh ini saya sangat menikmati You've Got Mail dan A Walk to Remember karena sastra yang disajikan tidak hanya sekedar dongeng cintaan belaka. Dua film tersebut berhasil membuai saya bukan pada cerita, melainkan atmosfer yang terbangun dari awal hingga puncak. Melengkap bulan cinta saya, akhirnya saya bisa menonton salah satu drama romantis terbaik, The Notebook.

Cerita dibuka dengan seorang kakek yang menceritakan sebuah kisah dari buku harian kepada seorang nenek sesama pesakitan di rumah jompo yang menderita alzheimer. Cerita tersebut memulai kisah baru yang mem-flashback tahun 40-an tentang hubungan cinta beda kasta Noah Calhoun dan Allie. Di tengah hasrat cinta yang memuncak, ibu Allie berada di antara mereka yang merasa Noah tak pantas untuk Allie.

Saya tidak perlu lagi sesumbar hingga ending, karena penonton akan dengan mudah menerka klimaksnya sendiri. Namun, kendati cerita yang generik itu, The Notebook masih bisa dikategorikan ke sebuah melodrama yang bermutu. Saduran dari novel karangan Nicholas Sparks ini berhasil dijewantahkan oleh Nick Cassavetes dengan sangat baik. Nick cukup segan agar karnyanya ini tidak jatuh ke sebuah drama sentimentil, tapi sebaliknya, menyelipkan perasaan semangat cinta walaupun banyak rintangan yang menghampiri. Meskipun durasinya terkesan bertele-tele, tapi apa yang ingin diamanatkanan Nick lewat pesan moralnya sudah tersampaikan dengan sangat baik.

Kekuatan lain yang bikin The Notebook ini cukup indah adalah sokongan dari para aktornya. Rachel McAdams dan Ryan Gosling memang tidak terlalu sempurna di sini, tapi dengan nama mereka yang belum mentereng pada saat itu, penampilan mereka menjadi sangat memorable dan saling menutupi kekurangan yang lain. Pun apa yang disajikan oleh James Garner, Sam Sephard, Joan Allen, serta Gena Rowlands yang pas dalam memposisikan peran mereka di sini. Diiringi dengan alunan musik yang indah, serta potret gambar yang bisa dikatakan cantik, itu semakin memperlihatkan jika The Notebook dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Apa boleh buat, The Notebook telah menambah panjang drama favorit saya. Alunan penuturan bercerita yang diberikan oleh sang sineas berhasil membius saya dengan doktrin cinta yang universal. Memaklumatkan pengertian cinta sehidup semati, serta bagaimana memperlihatkan pengorbanan akan cinta. Anda mual dengan segala sesuatu yang saya katakan tentang cinta? Silahkan bertanya kepada Shakespeare! Happy watching!

by: Aditya Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar