Sabtu, 30 Oktober 2010

Almost Famous (2000)

Director : Cameron Crowe
Cast : Patrick Fugit, Billy Crudup, Jason Lee, Kate Hudson, Frances McDormand, Anna Paquin, Zooey Deschanel
Rate : 3,5/5


Cameron Crowe adalah salah satu penulis naskah ulung yang sudah memiliki fanbase tersendiri untuk karya-karyanya. Buah penanya memang tidak perlu diperdebatkan lagi. Tulisan skrip mulai dari Fast Time at Ridgemont High, Jerry Maguire, Say Anything hingga yang paling lemah semisal Elizabethown pun masih menyisakan suka cita mendalam kepada seorang Crowe. Perheletan Oscar 2001 lalu disemarakan oleh salah satu film terbaik Crowe yang mengatasnamakan musik sebagai latar belakang cerita. Adalah Almost Famous yang oleh sebagian pihak dicap sebagai film terbaik tahun 2000 memang terbukti memberikan warna baru untuk pattern drama memikat yang mengalurkan pendewasaan diri di tengah lingkungan yang keras untuk dijalani.

William Miller adalah remaja tanggung yang berkesempatan meliput tur band favoritnya, Stillwater, dan menjadi freelance editor untuk majalah musik terkenal, Rolling Stone. Namun ternyata, keterlibatannya itu tidak dipikir ulang karena dunia yang sekejab dimasukinya adalah sebuah dunia yang keras dengan beragam aneka personaliti. Bercermin pada sosok gitaris Stillwater dan seorang grupis, Penny Lane, hidup Miller semakin hiruk-pikuk. Walaupun di rumah nan jauh di sana, sang ibu dengan segala kecemasan batin merasa dilema dengan ketidakberadaan anak-anaknya di pelupuk matanya.

Crowe telah mengolah naskah buatannya sendiri menjadi sebuah karya yang sangat monumental. Crowe berhasil mengeksplorasi dunia musik khususnya rock 'n roll tahun 70-an. Dan sebenarnya, Crowe membuat dunia musik tadi hanya sebagai background cerita sedangkan masalah primernya terletak pada tokoh utama yang mencoba menemukan jati diri di luar lingkungan ibunya yang over protected. Miller yang anak baik-baik akhirnya terbawa ke suasana hippies dan mulai mentolerir apa saja yang hendak diperbuatnya. Pada sisi lain, Almost Famous juga mengutarakan tentang pendewasaan diri yang saya kemukakan sebelumnya. Bagaimana lingkungan membentuk hidup seseorang dan warna-warni lingkungan menjadi sebuah visual yang tak bisa dielak mata.

Di sinilah kelihaian Crowe dalam mengeksposisi kekayaan batil remaja yang serba canggung dan mulai memata-matai lingkungan dengan pola pikir yang lebih terbuka. Layaknya Jerry Maguire yang terketuk batinnya oleh lingkungan dan keadaan. Ditambah lagi jika menyinggung kalau inti cerita ini mengambil segelintir masa yang dialami secara langsung oleh pengalaman Crowe sewaktu muda. Jadi tak heran jika Crowe 'mendaur ulang' masa indahnya itu dengan sangat independen. Semarak lagu-lagu aroma tujuh puluhan juga tak lepas mengikutsertakan perjalanan film berdurasi 2 jam ini.

Dan yang lebih menarik adalah menyaksikan para aktornya bermain sangat natural. Crowe yang mengajak talenta-talenta muda seperti Patrick Fugit, Kate Hudson, Anna Paquin, dan Zooey Deschanel patut diacungi jempol ke atas. Pesona mereka keluar dengan sangat alami. Pun terjadi dengan generasi atas semisal Billy Crudup, Phillip Seymour-Hoffman hingga Frances McDormand yang berhasil mengasimilasikan temperamental seorang ibu dikekang dilematis.

Nah, selagi kaki masih berpijak di tanah bumi dan langit masih berhiaskan matahari, mungkin saya sarankan untuk menyempurnakan hidup Anda untuk menonton Almost Famous. Bukan saja bernyawa entertaining, namun sajian cerita dan pesan di ruang lingkup filmnya memang setara dengan perilaku manusia pada dunia nyata, setidaknya bagi kaum remaja. Ingin sekali rasanya mengumbar seluruh adegan di film ini kalau mengingat spoiler bukan sesuatu yang diharamkan. Happy watching!

by : Aditya Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar