Minggu, 30 Mei 2010

Rain Man (1988)

Director : Barry Levinson
Cast : Dustin Hoffman, Tom Cruise, Valeria Golino, Boniie Hunt
Rate : 4/5

Tahun 1989 lalu di ajang Academy Award, ada sebuah film yang mengundang decak kagum para penonton dan kritikus hingga akhirnya diganjar piala untuk 4 kategori : Best Picture, Best Director, Best Actor dan Best Original Screenplay. Film itu adalah Rain Man.


Apa itu autisme? Austis adalah ketidakmampuan seseorang untuk beradapatasi secara sosial maupun komunikasi secara normal yang membuat seseorang tersebut terisolasi engan keadaan luar pada umumnya dan keluarganya pada khususnya. Mengapa saya membahas salah satu disorder ini, ya karena Rain Man berkutat tak jauh dari sifat autistis ini.

Film ini dimulai dengan tokoh Charlie Babbitt, seorang pengusaha sorum mobil yang sedang dilanda masalah keuangan dengan pihak sponsor yang bekerja sama dengan perusahaannya. Sosok Charlie Babbitt hidup dengan ketidak teraturan yang bahkan kekasihnya pun merasa kalau Charlie sosok yang menyebalkan. Suatu waktu, Charlie dihubungi oleh pengacara keluarganya bahwa ayahnya telah meninggal dunia dan menyuruh Charlie untuk datang. Selain untuk menghadiri pemakaman ayahnya juga ingin menjelaskan tentang harta gono-gini sang ayah.

Singkat cerita, Charlie mendapatkan sebuah mobil yang diidam-idamkannya semenjak kecil. Dan, satu hal yang membuat ia kaget adalah harta lain ayahnya sebesar 3 Milyar dolar jatuh kepada orang yang semula tak dikenalnya : Raymond Babbitt. Merasa sepeti dikadalin, akhirnya Charlie mencari tau sosok Raymond itu yang ternyata membuatnya semakin terkejut. Raymond adalah kakak dari Charlie. Karena memiliki pikirian licik akhirnya Charlie mengajak Raymond keluar dari Wall Brook dengan tujuan agar seluruh warisan yang dilimpahakan kepada Raymond bisa jatuh ke tangan Charlie. Satu hal yang penting, sekalipun Raymond adalah seorang pengidap autisme, tetapi Raymond ini sosok yang sangat pintar dalam berhitung dan lucu secara bersamaan.

Begitulah kira-kira premis yang dituturkan lewat film berjuta makna ini.
Dalam film ini, kita dapat mengetahui betapa pentingnya sebuah keluarga tanpa harus ditimbang melalui harta dan egoisme semata. Seorang Charlie yang awalnya pemberontak dan nyeleneh bahkan sukar menerima kakanya yang 'aneh' akhirnya terenyuh juga dari seluruh rangkaian perjalannya menuju Los Angeles. Oh ya, mereka akhirnya mengambil jalur darat setelah Raymond menjerit ketakutan ketika diajak naik pesawat. Banyak hal lucu dan mengharukan lagi yang dipaparkan film berurasi 2 jam lebih ini. Di antaranya ketika si Charlie bertanya kepada Raymond 'am i using u Raymond?' Dijawab Raymond 'yeah!' padahal sebelumnya Raymond tak pernah menyahut apa yang Charlie katakan. Raymond ini karena memiliki sikap yang impulsif sehingga membuatnya mempunya kegiatan rutin yang harus dikerjakannya tepat waktu. Seperti makan stik ikan 8 buah setiap hari Kamis, tidur selalu jam 11, dan lain-lain.

Sekarang kita lihat seluruh orang yang bertanggung jawab atas keberhasilan film ini. Dustin Hoffman yang berperan sebagai Raymond jelas menunjukkan akting kelas puncak sebagain seorang yang memeiliki keterbelakangan mental. Seluruh gesture dan mimik yang dia peragakan hampir atau bahkan sudah menyerupai seorang 'idiot'. Wajar saja jikalau kerja kerasnya ini dianugrahi patung Oscar serta beberapa piala dari ajang award lainnya. Siapa yang berperan sebagain Charlie? Tom Cruise, ya Tom Cruise. Saya yakin selain bermain di Magnolia dan Born on the Fourth of July Tom pasti bangga karena telah menjadi keluarga besar keluarga Rain Man. Permainannya di sini sangat adorable sekaligus memorable di setiap kesempatan. Mengukuhkan bahwa selain bermuka cakep ia juga piawai dalam urusan akting.

Pengejewantahan Barry Levinson sebagai sutradara di film ini juga patut diacungi banyak jempol. Karena berkat dia, cerita yang semula akan membosankan ini tak disangka akan menjadi salah satu tearjerker terbaik yang pernah dibuat. Bahkan kabarnya, film ini menjadi salah satu yang difavoritkan oleh Lady Di semasa hidupnya. Luar biasa!!!


Lantas, darimana datang judul film ini Rain Man? Rain Man adalah panggilan Charlie kepada Raymond ketika masih balita. Jadi, orang yang tak dikenal Charlie selama ini pernah hidup dengannya sampai ketika kecelakaan tak disengaja terjadi di antara keduanya. Sekali lagi : LUAR BIASA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar