Sabtu, 25 September 2010

Be Kind Rewind (2008)

Director : Michel Gondry
Cast : Jack Black, Mos Def, Danny Glover, Mia Farrow
Rate : 3,5/5


Orang yang membuat Be Kind Rewind adalah manusia yang sama yang mensutradarai Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Jangan dulu praduga yang berlebihan, film ini tidak serumit maupun seromantis film yang dibintangi Jim Carey tersebut. Be Kind Rewind hadir dengan naskah ditulis Michel Gondry sendiri yang memiliki cerita tak kalah uniknya namun dibalut dengan komedi segar. Seakan jitu dalam menebak, akhirnya Gondry merekrut Jack Black untuk menjadi tokoh utama sekaligus menjadi partner konyol Mos Def. Dan belum apa-apa, saya sangat merekomendasikan untuk Anda sekalian jika membutuhkan sebuah film yang bisa membuat Anda tertawa nyaring sertaemosi meluap-luap (yah, tidak seperti itu juga) di tengah-tengah cerita.

Diceritakan Mos Def diberi amanat untuk menjaga sebuah perentalan film oleh Danny Glover. Mos Def juga disarankan untuk menjauhkan efek buruk Jack Black dari tempat rental tersebut. Ternyata, pada suatu perencanaan, Jack Black terkena suatu radiasi listrik yang membuat dirinya memiliki kekuatan magnet dan merusak seluruh video di rental tersebut. Untuk mengakalinya, Black bersekongkol dengan Mos untuk mereka ulang semua adegan film yang rusak oleh Black tadi. Sialnya, mereka juga harus meladeni aparat setempat yang berniat menghancurkan wilayah tersebut. Tidak lagi berdua, bertiga, dan berempat, kali ini yang membuat 'film' adalah seluruh masyarakat yang juga bersumbangsig atas tokoh sosial setempat.

Naskah filmnya sendiri sudah sangat kuat untuk menjadi sebuah film bagus. Dan, tidak sulit bagi Gondry untuk mengadaptasi skrip tersebut ke dalam gambar bergerak. Gaya khas indie yang ia tuangkan ke film ini juga cukup membantu dalam bersifat tunggal dalam cerita tapi bermajemuk dalam hal karakterisasi. Betapa kita diperlihatkan tingkah pola berbagai tokoh yang unik, beda, sekaligus lucu. Gondry pun tidak serta merta meramu Be Kind Rewind layaknya komedi slapstick, karena seluruh joke di film ini boleh dibilang renyah dan cukup orisinil. Kemampuan Jack Black dalam melucu juga tidak usah diperdebatkan. Ia mampu memberikan semangat komediknya dan tidak membuat kecewa penonton. Ketakjuban saya bertambah saat saya melihat parodi adegan-adegan film-film yang dimainkan di sini. Sungguh berani, brilian tapi juga tidak patut dicontoh.

Tidak patut dicontoh? Inilah salah satu kehebatan Gondry dalam menyelipkan sentilan kepada penontonnya. Upaya kedua tokoh untuk menyelamatkan diri dengan 'merevisi' ulang film-film tersebut sangat tepat sasaran. Saya mengasumsikannya jika kita dilarang keras untuk menjunjung tinggi plagiatisme. Diharamkan untuk mencontek, dan segala sesuatu yang berhubungan tentang perusak karya seni seseorang. Tapi sayangnya, ending film ini terasa agak berlebihan dengan memakai flashback tunggal dari seorang tokoh lokal. Yah, memang pengeksekusiannya dibuat dengan sangat apik, tapi jika lebih menggunakan sub-tema lain saya rasa akan semakin menyempurnakan film ini. Dan lagi, ending film ini dibuat terbuka, dengan alasan biar penonton sendiri yang menebak bagaimana ujungnya.

Kesimpulannya, Be Kind Rewind jelas sebuah tontonan beda dan segar dan keluar dari pakem komedi yang ada. Tidak sukar untuk menghakimini film ini sebagai produk yang berhasil memanjakan urat geli penontonnya. Tapi harap dimaklumi jika ada beberapa bagian yang merudak kenikmatan menonton. Tapi percayalah, sebuah cerita ringan jika di tangan seorang berbakat semisal Michel Gondry ini, akan menjadi sebuah film yang jenius tanpa harus meninggalakan idealisme sebagai seorang seniman. Selamat menonton!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar