Senin, 20 September 2010

I'm Not There (2007)

Director : Todd Haynes
Cast : Cate Blachett, Richard Gere, Christian Bale, Heath Ledger, Michelle Williams, Julianne Moore
Rate : 3,5/5


Apa jadinya jika sebuah biopik tanpa ada replika sang tokoh yang diangkat di dalamnya? Sedikit mengecewakan atau bagaimana? Menurut saya aneh, tapi jadinya unik jika keseharian sang tokoh malah diwakili oleh beberapa tokoh yang mengarungi perjalanan monumental sang tokoh tersebut. I'm Not There memakai pola tersebut untuk menjelaskan karir besar dari seorang pemusik legendaris, Bob Dylan. So, who's the fantastic Bob Dylan? Bob adalah seorang penyanyi, penulis, serta penyair kebanggaan Amerika yang sumbangsihnya hampir menyamai kedigdayaan seorang Bruce Springsteen. Sang sutradara merasa sudah sepatutnya mengangkat hidup Bob Dylan dalam sajian gambar bergerak dan inilah hasilnya.

I'm Not There secara personal memperkenalkan sosok Bob lewat beberapa tokoh yang dimulai dari seorang anak kecil hobi berdendang yang berkelana mencar arti musik dan hidup sebenarnya. Penemuan akar folkor Amerika dalam sesi Richard Gere. Puncak karir dalam raga Christian Bale, Kebimbangan massa kritis Amerika yang dipertontonkan dengan sangat perih melalui Heath Ledger. Dan yang paling emosional dan berjiwa adalah bagian ketika Bob bersikukuh dalam merubah jalur blues-nya menjadi rock yang diperankan oleh Cate Blanchett.

Cate Blanchett? Yes, she is. Saya bahkan merasa terpaku melihat tingkah laku dan gerak akting dari seorang Blanchett dalam memperagakan Bob Dylan dengan sangat natural dan bersemangat. Suara, body language serta keditelan make-up yang berhasil menyempurnakannya. Sehingga permainan awal dari Marcus, Chris Bale, Ledger seakan terlupakan walau masih cukup enak dinikmati. Richard Gere bermain cukup beda, dengan berewok dan kelusuhannya malah memberikan kesan unik dari perjalanan sang tokoh. Dan bantuan akting lain seperti misal dari Michelle Williams, Julianne Moore dan Charlotte Gainsbourg hanya sekedar pengisi tokoh dari sang penulis.

Sepanjang film berlangsung kita juga diperdengarkan beberapa lagu superior hasil karya Bob Dylan. Nomor-nomor seperti All Along the Watchtower, I'm not There, Ballad of a Thin Man memang masih indah dengan aransemen ulang dari musisinya. Tapi sayangnya, ada beberapa adegan bernyanyi yang tidak menggunakan suara asli aktor yang memberikan kesan jika sang aktor tersebut kurang menjiwai karakternya. Cukup disayangkan. Seperti Balchett yang sudan bermain hebat, tetap saja kurang istimewa karena ia hanya lip-sync. Satu hal lain ialah sinematografi film yang kurang menggabungkan beberapa landscape indah untuk mengimbangi filmnya sendiri.

I'm Not There memang sebuah biopik singkat dari seorang legenda musik dunia. Dengan tampilannya yang tak biasa serta akting yang bagus dari para pemainnya, membuat film ini patut tonton. Tapi sayang sekali, beberapa kekurangannya malah semakin memberatkan I'm Not There sebagai karya yang istimewa apalagi sangat spesial. At least, now we know who Bob Dylan is. And, music isn't only a thing, but also an art that had a soul inside of it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar